REWARD BAGI PESERTA DIDIK TERBAIK

 

        Peserta didik selalu identik dengan mengerjakan tugas, PR, dan hanya dituntut untuk bisa dan paham semua materi yang diberikan oleh seorang pendidik. Tanpa pernah memikirkan reward atau apresiasi dari sesuatu hal baik dan prestasi yang sudah dilakukan. Karena  tidak berimbang dan tidak fair bila pendidik menerapkan hukuman pada saat peserta didik melakukan kesalahan tetapi tidak memberikan penghargaan pada saat mereka melakukan hal yang benar. Seperti kebanyakan orang, peserta didik juga mengharapkan penghargaan sebagai apresiasi terhadap hasil yang dicapainya. Penghargaan dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dan menumbuhkan motivasi eksternal untuk lebih mengembangkan diri.

    Secara praktis, penghargaan dapat dimaknai sebagai perbuatan menghargai atau penghormatan. Sebenarnya, penghargaan (reward) juga merupakan ganjaran yaitu hadiah, hukuman (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Tentu saja, hadiah diberikan sebagai bentuk apresiasi atas sesuatu hal yang baik, sedangkan hukuman merupakan respon atas sesuatu hal yang tidak baik. Dengan demikian, penghargaan adalah suatu cara yang digunakan untuk memberikan penghargaan kepada seseorang karena sudah mengerjakan suatu hal yang benar, sehingga orang yang menerima penghargaan lebih bersemangat dalam melakukan hal yang benar. Dalam kaitannya dengan peserta didik, penghargaan juga berarti suatu keterampilan dalam memberikan respon positif terhadap tingkah laku peserta didik sebagai penguatan agar tingkah laku positif dapat terulang kembali.

 Adapun tujuan memberikan penghargaan kepada peserta didik, sebagai berikut:

1. Meningkatkan perhatian
2. Memudahkan peserta didik dalam proses pembejaran
3. Membangkitkan dan memelihara motivasi
4. Mengendalikan dan mengubah tingkah laku belajar yang kontra produktif ke arah tingkah laku belajar        yang produktif
5. Mengatur dan mengembangkan peserta didik dalam belajar
6. Mengarahkan cara berpikir tingkat tinggi, dan
7. Menguatkan tingkah laku positif

     Salah satu pemberian reward yang baik yaitu dengan memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh peserta didik. Pada era pandemi ini, penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara daring atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh ). Oleh karena itu penghargaan yang paling tepat yaitu memberikan voucher pulsa kepada peserta didik terbaik , diharapkan dengan voucher pulsa ini bisa digunakan untuk membeli paket atau kuota internet sehingga bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk proses pembelajaran selama daring.

 
         

Comments

Popular posts from this blog

PERAN TEKNOLOGI TERKINI DALAM MEMBUAT PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DAN LURING (OFFLINE) MENJADI SEMAKIN MENYENANGKAN